Puskesmas Titeue Gelar Lokmin Lintas Sektor

Gambar Gravatar

Puskesmas Titeue Gelar Lokmin Lintas Sektor

PIDIE,SIPNEWS.ID – Puskesmas Kecamatan Titeue Kabupaten Pidie Gelar Lokakarya Mini (Lokmin) untuk mendapatkan dukungan dan perat serta lintas sektor dalam upaya pelayanan kesehatan yang laksnakan oleh Puskesmas.

Bacaan Lainnya

Lokmin tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kerja sama tim dalam memantau cakupan pelayanan Puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar meningkatkan fungsi Puskesmas di Kecamatan Titeue.

Kegiatan Lokmin yang diikuti oleh seluruh Keuchik dalam Kecamatan Titeue dibuka oleh Camat Titeue, Fakruddin, S.Sos, pada Jum’at (21/07/2023) di Aula Puskesmas setempat.

Acara tersebut ikut dihadiri oleh Kapolsek Titeue Keumala, Danramil Titeue Keumala, Danpos Pol Titeue, KUA, sejumlah Kepala Sekolah dalam Kecamatan Titeue, Pendamping Desa, dan Imum Mukim dalam Kecamatan Titeue.

Dalam arahanya Camat Titeue Fakruddin, S.Sos, mengajak seluruh Keuchik dalam Kecamatan Titeue untuk mendukung kegiatan pihak Puskesmas dalam upaya pelayanan kesehatan masyarakat di gampong.

“Diharap kepada Keuchik untuk memberi pemahaman dan pengertian kepada warganya, untuk ikuti arahan tim kesehatan dari Puskesmas Titeue saat melakukan kegiatan di gampong dalam rangka pencegahan gizi buruk, penaganan stunting, imunisasi dan kegiatan lain, yang bertujuna untuk kesehatan masyarakat di gampong, “ terang Camat.

Pada pertemuan tersebut Kepala Puskesmas memaparkan tentang capaian kegiatan Puskesmas selama tahun 2022 dan upaya kegiatan di tahun 2023, yang mana secara umum warga gampong masih enggan memeriksa dirinya ke Puskesmas dan Bidan Desa saat kegiatan Posyandu.

Pihak Puskesmas meminta dukungan dari semua pihak dan semua sektor di Kecamatan Titeue, terutama dukungan dari Keuchik, untuk memberi pengertian kepada warganya dan juga mengalokasikan Dana Desa untuk mendukung kegiatan kesehatan masyarakan gampong, pada kegiatan Posyandu bulanan, penanganan Stunting dan kegiatan kesehatan lainnya.

Pada diskusi dalam kegiatan Lokmin tersebut sejumlah Keuchik meminta pihak Puskesmas agar ikut serta memberi pengertian kepada warga gampong, dan juga meminta pihak Puskesma untuk ikut serta dalam Musyawarah Pembangunan di gampong agar dapat menyamakan persepsi antara Perangkat Gampong, Tuha Peut, Kader Kesehatan dan masyarakat secara umum, dalam upaya mendukung pelayanan kesehatan masyarakat di gampong.

Sementara Pendamping Desa, Iklil Ardabili, mengungkapkan, kegiatan Lokmin seperti ini patut diapresiasi, karena sangat bermanfaat untuk mendiskusikan permasalahan pelayanan kesehatan yang belum tercapai, dan upaya yang akan dilakukan secara bersama di tingkat kecamatan dan tingkat gampong.

“Kegiatan seperti ini jangan hanya dilaksanakan di tingkat kecamatan saja, namun ditingkat gampong hendaknya juga dilakukan, agar semua masalah tersampaikan ke seluruh unsur masyarakat di gampong, sehingga dapat menyepakati langkah-langkah penyelesain permasahan dan solusi terbaik untuk pelayanan kesehatan yang belum tercapai selama ini,” ulas Pak Iklil, sapaan akrap Pendamping Desa yang juga Koordinator TPP Titeue.(din)

Pos terkait