LITERASI DIGITAL KABUPATEN PIDIE PROVINSI ACEH

Gambar Gravatar

LITERASI DIGITAL KABUPATEN PIDIE PROVINSI ACEH

Jumat, 26 November 2021, Jam 09.00 WIB

Bacaan Lainnya

Pidie, SIPNEWS.ID – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Ir. H. Nova Iriansyah, M.T., sebagai Gubernur Provinsi Aceh menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MASYARAKAT DIGITAL yang dipaparkan oleh para narasumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Bugi Satrio, SE., M.IKom., PhD., menjelaskan pengetahuan literasi digital yang baik juga perlu didukung kerangka internet yang sehat sehingga apa yang hendak dikomunikasikan dapat terwujud dan sesuai dengan etika berkomunikasi secara digital.

Rambu-rambu dalam ruang digital, antara lain perlindungan data pribadi, keamanan jaringan atau konektivitas, serta privasi individu. Mujiantok, menjelaskan ancaman digital, meliputi phising, malware, serta konten negatif.

Langkah keamanan digital, antara lain ketahui potensi bahaya di internet, aktifkan pengaturan privasi, buat password yang aman dan ganti secara berkala, berhati-hati dengan unggahan, browsing secara aman, memahami aturan privasi, back up data, serta tutup akun yang tidak digunakan.

Nazli Ismail, menjelaskan manfaat edukatif, meliputi literasi media digital, pembelajaran kolaboratif, kreativitas, serta kesehatan mental dan kesejahteraan.

Mengunggah konten dan komentar dengan baik dan benar, dengan cara tidak mengunggah atau membagikan pesan, gambar, dan video yang tidak pantas, menunjukkan rasa hormat dalam unggahan dan saat berbagi konten, serta meminta persetujuan sebelum memposting gambar orang lain.

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Inta Oceania sebagai Presenter, Musisi, dan Vlogger yang memberikan sharing session, mengenai menjadi masyarakat digital yang baik salah satunya dengan cara membuat konten atau berkomentar dengan positif dan bermanfaat bagi orang lain.

Masyarakat digital juga harus berhati-hati saat ingin membagikan unggahan, cari tahu sumber dari berita terdahulu karena jangan sampai termakan hoax atau berita yang belum jelas kebenarannya. (Red)

Pos terkait