LITERASI DIGITAL KABUPATEN BIREUEN PROVINSI ACEH

Gambar Gravatar

LITERASI DIGITAL KABUPATEN BIREUEN PROVINSI ACEH

Jumat, 26 November 2021, Jam 14.30 WIB

Bacaan Lainnya

Bireun, SIPNEWS.ID – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Ir. H. Nova Iriansyah, M.T., sebagai Gubernur Provinsi Aceh menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar BIJAK SEBELUM MENGUNGGAH DI MEDIA SOSIAL yang dipaparkan oleh para narasumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Miswar, S.Pd., M.Pd., menjelaskan cara bijak bermedia sosial, antara lain tidak asal rekam atau unggah, tidak mengumbar informasi pribadi, etika dalam berkomunikasi, hindari penyebaran SARA, pornografi, dan aksi kekerasan, serta kroscek kebenaran berita.

Tips menggunakan media sosial untuk millennial, meliputi periksa kembali sebelum membagikan konten, gunakan media sosial sebagai wadah untuk pengembangan diri, menjadikan media sosial sebagai sarana untuk personal branding, hindari akun negatif, serta bijak dalam memilih teman.

Yusniar, S.Pd., M.S., menjelaskan tips menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam ruang digital, antara lain menggunakan kesantunan, menggunakan tulisan dan bahasa yang jelas, menghargai privasi orang lain, menyadari posisi kita, mengendalikan emosi, serta tidak memancing perselisihan.

Rayantiyo Zhafran, menjelaskan jenis-jenis penipuan digital, meliputi pharming, phising, social engineering, account take over serta money mule. Tips mengehindari penipuan digital, antara lain menjaga kerahasiaan informasi pribadi, pahami pentingnya merahasiakan kode OTP, cek link URL, serta jangan mudah tergiur oleh tawaran hadiah.

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Inta Oceania sebagai Presenter, Musisi, dan Vlogger, yang memberikan sharing session, mengenai masyarakat harus bijak dalam menggunakan media sosial.

Sebelum mengunggah konten atau informasi, masyarakat harus mengetahui dengan jelas kebenerannya. Jangan sampai masyarakat menjadi korban bahkan pelaku kejahatan di ruang digital. Selalu ingat bahwa jejak digital sulit untuk dihilangkan serta terdapat UU ITE dalam ruang digital. (Red)

Pos terkait