Analisys MFF Syndicate: Tu Sop, Waled Pijay dan Rocky jadi Kandidat Kuat Cawagub Pendamping Mualem

Gambar Gravatar

Mencari Siapa Cawagub Potensial Untuk Mualem?

Tu Sop, Waled Pijay dan Rocky paling diunggulkan. 

Bacaan Lainnya

Banda Aceh – Riset kualitatif dengan metode Focus Discussion Group (FGD) secara hybrid yang dilakukan Kelompok kajian polhukam dan kebijakan publik MFF Syndicate pada tanggal 26 Februari sampai dengan 5 Maret 2024 yang melibatkan 138 peserta dari 23 kabupaten/kota seluruh Aceh dengan berbagai latar belakang pendidikan dan profesi dengan rentang usia 20 – 42 tahun telah menempatkan sejumlah nama yang diunggulkan untuk menjadi Calon Wakil Gubernur untuk mendampingi Muzakir Manaf (Mualem).

Direktur Riset & Advokasi MFF Syndicate, Fikra Aulia menyampaikan Alasan mengapa kajian ini fokus pada Cawagub Mualem disebabkan beberapa hal yakni:

pertama, Partai Aceh kembali menjadi partai pemenang Pemilu di Aceh dengan perolehan kursi terbanyak hingga 20 kursi DPRA dan satu-satunya partai yang dapat mengusung paslon sendiri.

Kedua, Mualem adalah Ketua TKD Prabowo – Gibran di Aceh yang berdasarkan data real count KPU dan quick count sejumlah lembaga survey hampir dipastikan menjadi pemenang pilpres 2024.

Ketiga, Mualem merupakan figur Calon Gubernur Aceh yang paling sering di bicarakan publik. Berdasarkan riset MFF Syndicate berbasis sosial media.

Berdasarkan hal tersebut tim riset MFF Syndicate menilai Mualem akan menjadi figur yang menentukan peta permainan pada pilkada Aceh 2024.

Riset MFF Syndicate mencoba memetakan cawagub Mualem yang potensial dari berbagai latar belakang.

Hasil Kajian FGD lembaga MFF Syndicate, 5 orang kandidat potensial sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur pendamping Mualem:

Dari internal PA, Hasballah M. Thaib Rocky mantan Bupati Aceh Timur 2 periode (2012-2022).

Dari birokrat, Dr. H. Said Mulyadi (Bupati Pidie Jaya 2023/Wakil Bupati Pidie Jaya 2 periode (2014-2023).

Kemudian kalangan ulama, Teungku H. Muhammad Yusuf A. Wahab (Tu Sop Jeunieb), Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh (PB HUDA).

Ada juga kalangan pengusaha, Amir Faisal Nek Muhammad, Komisaris Utama PT. Pertamina Training & Consulting. Owner The Atjeh Connection dan sejumlah bisnis lainnya.

Dan kalangan akademisi, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf (Rektor Univ Teuku Umar periode 2018-2022).

Pos terkait