LITERASI DIGITAL KABUPATEN ACEH TIMUR PROVINSI ACEH

Gambar Gravatar

LITERASI DIGITAL KABUPATEN ACEH TIMUR PROVINSI ACEH

Selasa, 26 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB

Bacaan Lainnya

Idi Rayeuk, SIPNEWS.ID – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Aceh yaitu, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang KIAT KIAT MELAWAN HOAKS oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Tips agar terhindar dari hoaks antara lain, jangan ikut menyebarkan data dan informasi yang tidak benar jika tidak ingin akunnya diblokir konsultasikan ke ahlinya dan cari data pendukungnya, percayai data dan informasi dari media yang kredibel saja. Hindari situs web abal-abal. Cek nama domain, situs web resmi jarang menggunakan domain seperti blogspot.com atau domain gratis lainnya. Periksa tools Who.is untuk melacak informasi mengenai pengelola situs web. Manfaatkan berbagai situs web pemeriksa fakta, ini gratis contohnya cekfakta.com.

Waspada penipuan, seperti phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan, pharming adalah jenis serangan dunia maya yang melibatkan pengalihan lalu lintas web dari situs sah ke situs palsu, sniffing yaitu penyadapan yang dilakukan menggunakan jaringan internet dengan tujuan mengambil data dan informasi sensitive secara illegal, dan money mule adalah modus penipuan yang sering juga digunakan untuk money laundry atau pencucian uang, menurut Rezha Amran sebagai Praktisi Komunikasi dan Kehumasan.

Bijak sebelum mengunggah konten diantaranya jangan oversharing, jejak digital susah dihapus, follow akun yang tepat dan bermanfaat, dan lakukan detoks media sosial secara berkala. Kunci cerdas dalam bermedia sosial yaitu, menggunakan media sosial sesuai dengan UU ITE, Sampaikan pendapat dengan bahasa yang baik dan santun, Publikasi informasi dengan data yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan, Sebelum disebar luaskan informasi disaring terlebih dahulu, dan Jangan mudah percaya dengan akun media sosial yang mengatas namakan seseorang, menurut Faisal, S.T sebagai Pengurus IGTV Pusat. Key Opinion Leader oleh Bemby Noor sebagai Influencer menambahkan, untuk pengguna sosial media kita harus bijak dan juga cerdas.

Hal ini dikarenakan banyak sekali informasi atau konten hoaks yang tersebar bebas di media sosial atau situs web. Kita harus mencari kebeneran dari informasi yang kita dapatkan dan jangan sampai kita terlibat dalam penyebaran berita bohong tersebut.(Red)

Pos terkait