LITERASI DIGITAL KABUPATEN LHOKSEUMAWE PROVINSI ACEH

Gambar Gravatar

LITERASI DIGITAL KABUPATEN LHOKSEUMAWE PROVINSI ACEH

Jumat, 22 Oktober 2021, Jam 14.30 WIB

Bacaan Lainnya

Lhokseumawe, SIPNEWS.ID – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Aceh yaitu, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar KONTEN DIGITAL: HAK CIPTA DAN ETIKA yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Sabrina Irine, S.Pd., Msi LECTURER dan CEO BornStar Indonesia – Korea menjelaskan digital skill adalah suatu kemampuan dalam memahami, mengoperasikan, menggunakan dan memanfaatkan teknologi untuk mengakses dan mengelola informasi. Teknologi yang dimaksud bisa berupa perangkat digital (software atau hardware) sampai dengan jaringan.

Adapun bentuk digital skill diantaranya coding merupakan merupakan keahlian dalam membuat suatu orogram dengan cara menyusun code, menguji, mengedit, memperbaiki, dan memelihara kode guna membangun suatu program yang terstruktur pada computer.

Ruri Susanti, M.Pd., Gr Kepala SMK Pariwisata IT Nurul Imam memaparkan prinsip dasar dari keamanan informasi merupakan perlindungan terhadap aspek berikut kerahasiaan merupakan aspek yang menjamin kerahasiaan data atau informasi, dan memastikan bahwa informasi hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang dan menjamin kerahasiaan data yang dikirim, diterima, dan disimpan. Integritas aspek yang menjamin bahwa data tidak dilakukan perbuahan tanpa ijin dari pihak yang berwenang (authorized), menjaga keakuratan dan keutuhan informasi serta metode prosesnya untuk menjamin aspek integrity ini.

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Adhit “Element” sebagai Musisi dan Gitaris Element yang memberikan sharing session, mengenai konten digital: hak cipta dan etika kalau ingin mengunggah dan mengunduh hasil karya orang lain harus menyertakan sumber dan jangan membuat website dengan konten bajakan. (Red)

 

Pos terkait