Lomba Cerdas Cermat Museum, MTsN 1 Banda Aceh Melaju ke Nasional

Gambar Gravatar

Lomba Cerdas Cermat Museum, MTsN 1 Banda Aceh Melaju ke Nasional

BANDA ACEH, SIPNEWS.ID – Tim dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Banda Aceh dipastikan mewakili Provinsi Aceh melaju ke lomba cerdas cermat museum tingkat nasional pada awal Oktober 2023 mendatang. Tim ini diisi oleh M Nawfal Werizky, Farrel Zhafirsyah Arief dan Fathinah Hafizha Amir.

Bacaan Lainnya

Didampingi gurunya, Khairiyah Lubis, siswa-siswi MTsN 1 Banda Aceh tersebut sebelumnya berhasil mengalahkan peserta lainnya dari 27 SMP/MTsN pada lomba tingkat provinsi yang dihelat di Aula Museum Aceh, Kota Banda Aceh, pada Kamis, 3 Mei 2023.

Kepala Tata Usaha UPTD Museum Aceh, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Nurhasanah mengatakan lomba cerdas cermat museum ini merupakan agenda rutin tahunan yang digagas Kemendikbudristek RI.

Saban tahun, sang juara di tingkat provinsi mewakili daerahnya ke Jakarta untuk bertarung pada lomba cerdas cermat yang diadakan Museum Nasional.

“Alhamdulillah kita bisa membawa satu kelompok dari MTsN 1 Banda Aceh. Mereka nantinya akan bersaing dengan peserta dari seluruh museum di Indonesia dengan materi kemuseuman dan yang berkaitan dengan museum mulai dari fungsi, tugas, budaya, dan sejarah perjuangan bangsa,” ujar Nurhasanah, Jumat, 4 Agustus 2023.

Dia menjelaskan, lomba cerdas cermat museum ini merupakan bertujuan sebagai edukasi dan pembelajaran generasi muda untuk memperoleh bekal tentang budaya, perjungan dan ilmu museum.

Selain itu, Hasanah mengungkapkan sebelum bekompetisi di tingkat nasional, siswa-siswi ini terlebih dahulu diberi pembekalan selama tiga bulan, seperti mempelajari kisi-kisi soal dan menonton video perlombaan tahun lalu untuk hasil yang maksimal.

“Kita harap para siswa dan guru pembimbingnya (MTsN 1 Banda Aceh) mempersiapkan diri dengan matang dan bisa membawa harum Provinsi Aceh di tingkat nasional,” sebutnya. [Red]

Pos terkait