Suku Mante, Manusia yang Diduga Masih Ada di Hutan Belantara Aceh

Gambar Gravatar
Suku
Foto Ilustrasi Suku Mante
example banner

Suku Mante, Manusia yang Diduga Masih Ada di Hutan Belantara Aceh

Banda Aceh, SIPNEWS.ID — Indonesia dikenal memiliki beragam suku dan budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Bacaan Lainnya

Salah satunya suku yang mendiami hutan belantara Aceh bernama Mante. Suku Mante hidup ribuan tahun lalu dan diyakini masih ada.

Dikutip dari Okezone.com, Sabtu (18/12/2021), suku mante hidup di pedalaman hutan Aceh Timur, Aceh Besar, Pidie hingga bagian tengah Aceh atau dataran tinggi Gayo.

Suku tersebut diyakini hidup sejak 3.000 tahun sebelum Masehi. Suku yang mendiami hutan belantara di Aceh ini bersifat primitif dan tidak ingin berdekatan dengan manusia.

Suku Mante bertubuh kerdil, badannya bungkuk, dan kakinya kecil. Suku Mante memiliki tinggi rata-rata 60 sentimeter dan paling tinggi 1 meter. Mereka mempunyai kulit sawo matang dan rambut lurus bahkan hingga pantat.

Sejarawan dan arkeolog Aceh, Husaini Ibrahim, menjelaskan asal usul Suku Mante bermula dari rumah 12 di Aceh Besar ribuan tahun silam. Asal mula Suku Mante diyakini dari rumah banjar yang berjumlah 12 di Aceh Besar.

Mereka kemudian menetap di rumah yang berada di hutan belantara. Namun, orang-orang mulai berdatangan ke Aceh pada saat yang hampir bersamaan.

Husaini menambahkan Suku Mante menyebar ke lokasi lain lantaran terdesak pendatang beragama Hindu, Budha, dan Islam.

Pendatang yang membawa ajaran agama tertentu itu, kata Husaini, membuat Suku Mante memilih untuk mengasingkan diri ke hutan. Orang-orang Mante diyakini masih tinggal di hutan hingga sekarang.

Dikutip dari Suara.com, Suku Mante di Aceh hidup dengan cara nomaden atau berpindah-pindah dari hutan belantara satu ke hutan lain. Mereka juga tinggal di gua seperti Gua Beye, Jambur Atang, Jambur Ketibung, Jambur Ratu, dan Jambur Simpang.

Suku ini diduga memiliki hubungan dengan suku Bangsa Mantera di Malaka. Hingga kini, tidak ada seorang pun yang berinteraksi langsung dengan manusia setinggi 60 cm tersebut. Meski demikian, sebagian masyarakat Aceh masih mempercayai keberadaan suku Mante hingga sekarang. (Sumber :Solopos.com)

Pos terkait