6 Orang Ini Jadi Kaya Raya Gara-gara Kripto

Gambar Gravatar
ilustrasi
foto ilustrasi

Jakarta, SipNews.id – Perdagangan kripto di Amerika Serikat (AS) berhasil membawa sejumlah orang menjadi crazy rich. Setidaknya untuk pertama kalinya ada orang yang berhasil mengumpulkan kekayaannya lewat perdagangan mata uang kripto dan masuk dalam daftar orang terkaya AS.

Dilansir Forbes, Rabu (6/10/2021), bila diakumulasikan nilai kekayaan orang terkaya di Negeri Paman Sam yang bersumber dari aset kripto mencapai US$ 55,1 miliar atau sekitar Rp 782,42 triliun (kurs Rp 14.200).

Bacaan Lainnya

Dari total US$ 55,1 miliar tersebut, hampir setengah dari jumlah tersebut alias US$ 22,5 miliar atau setara dengan Rp 319,5 triliun di antaranya dimiliki oleh satu orang yakni CEO perusahaan perdagangan crypto FTX, Sam Bankman-Fried.

Dalam dua tahun terakhir, Bankman-Fried berhasil membangun platform perdagangan terbesar di industri. Setidaknya dalam sehari platform perdagangan kripto miliknya dapat memproses transaksi sekitar US$ 13,8 miliar.

Selain Bankman-Fried, masih ada sejumlah nama lain yang berhasil masuk dalam daftar orang terkaya AS berkat kripto. Berikut Daftar 6 orang terkaya berkat perdagangan Crypto:

1. Sam Bankman-Fried
Kekayaan bersih: US$ 22,5 miliar (Rp 319,5 triliun)
Dalam dua tahun terakhir ini, Bankman-Fried berhasil membangun platform perdagangan terbesar di industri. Setidaknya dalam sehari platform perdagangan kripto miliknya ini dapat memproses transaksi sekitar US$ 13,8 miliar atau sekitar Rp 195,96 triliun.

2. Brian Armstrong
Kekayaan bersih: US$ 11,5 miliar (Rp 163,3 triliun)
Ia adalah CEO dan salah satu pendiri perdagangan kripto terbesar di AS, Coinbase. Ia telah berhasil meningkatkan kekayaannya setelah membawa perusahaannya melalui debut publik (IPO) pada bulan April. Armstrong memiliki sekitar 19% saham di Coinbase.

3. Chris Larsen
Kekayaan bersih: US$ 6 miliar (Rp 85,2 triliun)
Tahun lalu Chris Larsen tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 2,7 miliar. Ia adalah salah satu pendiri dan ketua Ripple dan berhasil meningkatkan kekayaannya sebesar US$ 3,3 miliar karena nilai token XRP yang terus melonjak.

Meski demikian Chris Larsen saat ini sedang melakukan pertempuran hukum yang sedang berlangsung dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS yang menuduh Ripple melanggar undang-undang sekuritas.

4. Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss
Kekayaan bersih masing-masing US$ 4.3 miliar (Rp 61 triliun).
Pada April lalu, si kembar pendiri perusahaan perdagangan kripto Gemini berhasil menghiasi sampul majalah edisi Miliarder Dunia Forbes 2021. Masing-masing di antara mereka berhasil meraup untung sebesar US$ 4,3 miliar dari hasil perdagangan kripto.

5. Fred Ehrsam
Kekayaan bersih: US$ 3,5 miliar (Rp 49,7 triliun)
Ehrsam mendirikan Coinbase dengan Armstrong pada tahun 2012. Dia meninggalkan perusahaan pada tahun 2017 tetapi tetap menjadi anggota dewan di perusahaan tersebut. Selain itu ia juga memimpin perusahaan investasi yang berfokus pada crypto, Paradigm.

6. Jed McCaleb
Kekayaan bersih: US$ 3 miliar (Rp 42,6 triliun)
McCaleb adalah pelopor awal dalam ruang blockchain yang membantu meluncurkan tiga perusahaan crypto terkenal, termasuk Ripple dan pertukaran bitcoin besar pertama, Mt. Gox, yang dia jual sebelum terkenal diretas. Sebagian besar kekayaan McCaleb berasal dari saham XRP-nya sebagai salah satu pendiri Ripple. (Sumber : Detiknews)

Pos terkait