LITERASI DIGITAL KABUPATEN PIDIE JAYA PROVINSI ACEH

Gambar Gravatar

LITERASI DIGITAL KABUPATEN PIDIE JAYA PROVINSI ACEH

Kamis, 21 Oktober 2021, Jam 13.30 WIB

Bacaan Lainnya

Pidie Jaya, SIPNEWS.ID – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Aceh yaitu, Ir. H. Nova Iriansyah., MT. menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar KETERAMPILAN DIGITAL DI ERA PANDEMI yang dipaparkan oleh para narasumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Mukhlish, M.Pd sebagai Agen Penguatan Karakter (APK)-Aceh menjelaskan peran digital, kemajuan digital memberikan banyak manfaat dan kemudahan. Namun, seringkali dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti penipuan digital media sosial, email, telepon hingga aplikasi.

Bijak dalam bermedia sosial, sebagai pengguna sosial media yang pintar dan bijak sudah tentu paham dengan apa yang namanya privasi dalam bermedia sosial, mana konten yang bersifat publik dan pribadi.

Kita harus benar-benar memilah mana konten yang bisa di konsumsi oleh publik dan mana konten pribadi jangan sampai keduanya di campur aduk, menurut M. Riza Andika, S.Sos Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Diskominfo Kabupaten Pidie Jaya.

Iflahah Zuhriyaten, S.Ag., M.Pd Dosen UHAMKA JK memaparkan tentang jejak digital bisa menjadi aset digital karena pada umumnya semua yang direkam merupakan konten yang disimpan secara digital. Konten yang sedang kita baca, unggahan gambar, vidio dan sejenisnyayang sedang kita buka dan lihat itu semua merupakan aset digital.

Era digital menjadikan manusia mudah dan cepat dalam mengaskses informasi secara global dan dimana saja berada tidak mempengaruhinya.

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Adhietya Mukti sebagai Musisi yang memberikan sharing session, mengenai keterampilan digital di era pandemi kita  perlu menguasai bahwa literasi digital merupakan kecakapan penting yang dibutuhkan untuk beradaptasi di zaman yang penuh dengan lautan informasi.(Red)

Pos terkait