LITERASI DIGITAL KABUPATEN PIDIE PROVINSI ACEH

Gambar Gravatar

LITERASI DIGITAL KABUPATEN PIDIE PROVINSI ACEH

Senin, 25 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB

Bacaan Lainnya

Pidie, SIPNEWS.ID – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Aceh yaitu, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang LINDUNGI DIRI DARI PENIPUAN DI RUANG DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang drummer yang akan ikut berpartisipasi.

Teknologi internet menjadi bagian penting kehidupan sehari-hari yang membawa banyak perubahan besar. Dengan itu, keamanan dan keselamatan digital menjadi hal penting.

Menurut Tiro Sanchabakhtiar, sebagai Co Founder  Planet Design Indonesia, menjelaskan bahwa kejahatan digital seperti penipuan online cukup banyak saat ini, bukan hanya kerugian materil yang terjadi banyak kerugian imateril juga. waspada menjadi kunci pertama untuk melindungi diri dari dunia maya. Sejalan dengan berselancar di dunia maya semakin banyak pengguna meremehkan ke waspadaan.

Tidak lalai menjadi kunci kedua untuk selamat bisa selamat dari penipuan online, sebelum melakukan aktivitas transaksi usahakan untuk periksa beberapa kali. Saat ini berbelanja online kian meningkat untuk kebutuhan pribadi di masa pandemi.

Untuk menghindari dari kejahatan penipuan online ketika berbelanja online usahakan untuk berbelanja di market place resmi yang mereka berbadan hukum. Adanya tindakan pencegahan tersebut bagi pengguna internet supaya lebih aman ketika berbelanja online di ruang digital.

Supaya tidak tertipu dengan belanja online ada tips menghindari penipuan online shop seperti pilih situs website yang terpercaya, periksa reputasi penjual atau toko online, cek ulasan produk dari sesama pembeli, tersedianya metode pembayaran Cash on Delivery (COD), dan jangan tergiur harga yang terlalu murah.

Jangan lalai di media sosial karena korban penipuan bisa terjadi kita sendiri selain merugikan ekonomi yang paling terparah bepengaruh terhadap mental diri sendiri. Periksa beberapa kali sebelum melakukan transaksi apa pun.(Red)

 

Pos terkait