Thaib Tuding Timbunan Proyek Perumahan Diduga Bawa Bencana Baginya

Gambar Gravatar

Thaib Tuding Timbunan Proyek Perumahan Diduga Bawa Bencana Baginya

Lhokseumawe, SIPNEWS.ID – Muhammad Thaib(65)warga Desa Blang Weu baroh, Kecamatan Blang Mangat terlihat bergetar dan tak mampu lagi menahan kesedihannya. (1/6/2022).

Bacaan Lainnya

Hal itu bukan tanpa sebab, melainkan karena kondisi Rumahnya yang selalu dalam keadaan terancam banjir hingga membuat keluarganya was-was saat datangnya hujan yang diduga disebabkan dari tanah timbunan yang akan dibangun perumahan.

Tak main-main, tinggi timbunan tersebut hampir manyamai tinggi rumahnya sehingga rumah thaib terlihat lebih pendek dan mencolok kedalam sehingga saat hujan debit air naik dan tidak dapat mengalir dengan lancar hingga mengepung rumahnya.

“Saya sangat sedih melihat keadaan rumah saya sekarang,kami satu keluarga tidak pernah bisa tenang ketika hujan datang semenjak sudah ada timbunan tanah yang mau dibangun perumahan itu,” Kata Thaib dalam keterangan tertulisnya.

Mirisnya lagi, saat banjir ia dan keluarganya terpaksa mengungsi di pemakaman umum tepat didepan rumahnya untuk menyelamatkan harta benda namun terlambat, karena barang-barang seperti lemari dan tempat tidur sudah terlebih dulu tenggelam hingga timbul inisiatifnya untuk membuat balai didalam rumahnya agar saat banjir tiba ia dan keluarganya tidak mengungsi ke balai yang ada di pemakaman.

“Pernah saat itu jam 3 malam tiba tiba air naik hampir Sepinggang, terpaksa kami ngungsi ke balai yang ada di pemakaman dan menyelamatkan Barang barang kami yang terendam namun tidak mungkin kami bertahan disitu jadi saya buat panteu(balai kecil) di dalam rumah agar bisa bertahan,” ungkapnya.

Hal itu juga diakui oleh Marzuki(43) kerabat Muhammad Thaib, mengaku hal ini sudah di laporkan ke Kepala desa namun belum ada solusi hingga saat ini, kades hanya mengatakan bahwa ditimbun tanah tersebut merupakan hak dari pemilik tanah sebelumnya.

“Sudah kami lapor kades namun tidak ada jawaban, setau saya saat banjir pun ada dibawa nasi bungkus entah inisiatif dari yang punya proyek,tapi setelah itu tidak ada tanggapan apapun hingga sekarang,yang ada dibilang kalo ditimbunnya tanah itu kan hak pemilik tanah,” ucap Marzuki.

Karena kejadian itu, Marzuki dan Muhamad Thaib berharap kades serta pihak yang berwajib menemukan solusi atas apa yang menimpa mereka dan pemilik tanah timbunan mau mengganti kerugian yang mereka alami.

Sementara itu Bachtiar kepala desa Blang Weu Baroh saat dikonfirmasi pewarta membenarkan hal tersebut, menjelaskan bahwa permasalahan tersebut sudah berlangsung lama, namun ia berjanji akan melakukan rapat dan memanggil pemilik proyek dan warganya itu untuk melakukan musyawarah.

“Kejadian ini sudah berlangsung lama namun hingga saat ini belum bisa disimpulkan apa yang harus dilakukan kedepannya mengingat kedua belah pihak belum bertemu secara resmi untuk musyawarah,tapi dalam minggu ini saya akan memanggil yang punya timbunan dan pak Thaib untuk rapat dan musyawarah,” Kata Bachtiar.

Lanjutnya, tapi waktu kejadian dari Kecamatan Blang Mangat juga sudah meninjau lokasi bahkan dari BNPB juga hadir,tapi ya begitulah belum ada solusi hingga saat ini.

Camat Blang Mangat Ridha Fahmi membenarkan hal tersebut, pihaknya mengaku sudah meninjau langsung dan menurunkan alat berat untuk melakukan pengerukan parit di sekitar timbunan.

“Sudah saya tinjau lokasinya dan sudah kami turunkan alat berat untuk melakukan pengerukan parit sekitar timbunan,namun bila saluran belum dibenahi ya pastinya banjir akan tetap terjadi,” jelasnya.

Dirinya mengaku sudah memberikan bantuan masa panik saat kejadian banjir dan mempertanyakan izin melakukan pembangunan perumahan pada pemilik timbunan.

“Untuk bantuan masa panik sudah kami berikan dan sudah saya tanyakan tentang izin pembangunan pada pemilik proyek dan KP2T namun belum ada mengingat tanah tersebut masi bentuknya lahan, mungkin saat akan dibangunnya perumahan baru diurus,”tuturnya .

Sementara itu Syahrol pemilik timbunan mengaku sudah dipanggil pihak kecamatan dan mencoba membantu melakukan timbunan didepan rumah Muhammad Thaib dan berinisiatif membantu saat banjir menimpa rumahnya.

“Benar saya sudah dipanggil boleh Camat,dan ditanyai hal ini,kalo anda perhatikan di depan rumahnya saya ada bantu menimbun tanah supaya lebih tinggi,saat banjir pun saya berinisiatif memberikan bantuan pangan untuk keluarga beliau,” ucapannya.

Ia juga memaparkan bahwa M.Thaib pernah memintanya untuk membangun saluran di areal timbunan namun harus dengan sistem bagi, dan juga menerangkan bahwa timbunan itu belum selesai.

“Itu timbunannya belum selesai, pernah dia minta saya untuk membangun saluran air di areal tanah saya,saya mau,tapi harus dibagi, contoh tanah saya 75 cm tanah orang lain 75 cm,karna disitu dasarnya tidak ada saluran air,” jelasnya.

Lanjut syahrol, tapi secara garis besar saya jelaskan kalo saya sudah mencoba bantu dengan menimbun bagian depan rumah beliau, tapi kalo untuk kita timbun semua dan kita bangun rumah rumah nya yang baru kan banyak pertimbangan,tapi setidaknya kami sudah berusaha membantu.(Ril)

Pos terkait