LITERASI DIGITAL KABUPATEN ACEH TIMUR PROVINSI ACEH

Gambar Gravatar

LITERASI DIGITAL KABUPATEN ACEH TIMUR PROVINSI ACEH

Kamis, 11 November 2021, Jam 09.00 WIB

Bacaan Lainnya

Idi Rayeuk, SIPNEWS.ID – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Ir. H. Nova Iriansyah, M.T Gubernur Aceh menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MEDIA SOSIAL SEBAGAI WADAH DEMOKRASI, yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Media sosial selain tempat untuk berinteraksi dan berkomunikasi juga dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berdemokrasi, dan masalah yang dihadapi adalah dengan adanya penyebaran hoax untuk menjatuhkan salah satu pihak atau pesaing. Hal penting yang harus diperhatikan dalam berekspresi di media sosial antara lain tidak mengandung SARA, kebencian, diksi serta bijak dan santun seperti yang dipaparkan oleh Leni Mardani, S.Pd Kasubag TU Dinas Pendidikan Aceh Tengah. Trimahyuni, S.T Tenaga Kependidikan Biro Akademik Universitas Malikussaleh menambahkan bagaimana menggunakan bahasa yang baik dan benar di dunia digital. Pemilihan bahasa yang baik cukup penting dalam membangun personal branding dengan memanfaatkan fitur yang ada, karena dengan personal branding yang baik maka akan dipercaya, dapat berpeluang mendapatkan sumber penghasilan dan akan menjadi panutan.

Sudirman Melangi, S.Kom.,M.Kom Dosen Universitas Ichsan Gorontalo menjelaskan jenis kreatif di era digital antara lain web developer, blogger, design grafis, youtuber dan sebagainya. Tips agar dapat positif, kreatif dan aman berinternet adalah dengan mengakses konten yang positif, hapus malware dan pop up, buat password yang kuat, jangan berbagi data pribadi sembarangan, serta rutin memeriksa pengaturan privasi Anda. Iman Darmawan, ST Founder Iman Komunika mengingatkan bahwa data pribadi dan keamanan adalah  barang mewah, jangan sampai bocor ke orang yang tidak bertanggung jawab. Baca dan tanya jika tidak mengerti, pahami do & don’t, asah insting Anda karena itu adala aset Kita, luangkan waktu untuk membaca term & condition dan pastikan Anda mengerti apa yang Anda setujui. Key Opinion Leader oleh Broadcaster Icha Faisal, yang membahas tentang pentingnya peran kita dalam berdemokrasi untuk kemajuan bangsa Indonesia. Manfaatkan akun Anda di media sosial untuk turut serta mendukung hal yang positif serta mengedukasi cara berdemokrasi yang benar. Jangan gunakan media sosial sebagai ajang perpecahan, kebencian karena citra diri Anda berada di komentar, posting dan apa yang Anda share di media sosial.

Pos terkait