Literasi Digital Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh

Gambar Gravatar

Literasi Digital Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh
Senin, 01 November 2021, Jam 13.30 WIB
Gayo Lues, SIPNEWS.ID – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Gubernur Provinsi Aceh, yaitu Ir. H. Nova Iriansyah, M.T., menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar PRIVASI DAN KEAMANAN DI DUNIA DIGITAL yang dipaparkan oleh para narasumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Indira Wibowo, ST., C.Ps., menjelaskan prinsip mengolah identitas digital, meliputi manfaat sosial, melindungi privasi, user centric, layak dan bisa bertahan lama, serta open dan fleksibel. Jejak digital dapat berbahaya atau merugikan apabila bertentangan dengan nilai sosial. Cara menjaga jejak digital, antara lain bijak sebelum menulis, periksa jejak digital, perhatikan perangkat mobile, serta bangun citra diri yang positif.  Manfaat rekam jejak digital yang baik, diantaranya menciptakan branding, memperluas koneksi, serta membuka peluang bisnis. Wahidin Porang, S.Pd., menjelaskan ada banyaknya konten yang beredar di ruang digital. Terdapat prinsip mengunggah konten di media sosial, antara lain tidak merugikan diri sendiri, tidak melanggar hukum, serta tidak merugikan orang lain dan lingkungan.
Rambu-rambu konten media sosial yang produktif, antara lain kreatif, bermanfaat, inspiratif, pesan damai, dan pesan syukur. Drs. Nasrun, MM., memaparkan manfaat literasi digital bagi tenaga pendidik dan anak didik, antara lain lingkungan belajar menggabungkan entitas fisik dan virtual, sumber daya belajar berkembang secara menarik dan interaktif, proses belajar diselenggarakan secara kreatif dan variatif, ilmu mendidik secara online mulai didalami secara intensif, piranti digital yang portable menjadi kanal akses utama, serta kecerdasan buatan menciptakan beragam avatar pembelajaran. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Nelly Carey sebagai Influencer dan Vokalis yang memberikan sharing session, mengenai pentingnya menjaga privasi dan keamanan digital agar tidak digunakan oleh sembarang orang yang tidak bertanggung jawab. Masyarakat juga harus menjaga jejak digital dengan baik, karena jejak digital berpengaruh dengan masa depan saat melamar kerja. Buat jejak digital dengan membagikan konten dan informasi yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri serta orang lain.(Red)

Pos terkait