LITERASI DIGITAL KABUPATEN PIDIE  PROVINSI ACEH

Gambar Gravatar

LITERASI DIGITAL KABUPATEN PIDIE  PROVINSI ACEH

Rabu, 13 Oktober 2021, Jam 13.30 WIB

Bacaan Lainnya

Pidie, SIPNEWS.ID – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker oleh Gubernur Aceh Ir.H.Nova Iriansyah, M. dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

SOPAN DAN BERADAB DI MEDIA SOSIAL sebagai tema besar  oleh para narsum yang mempunyai kompetensi dibidangnya disertai oleh seorang Key Opnion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

 

Salah satu bentuk sopan dan beradab di media sosial adalah dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Gusmarwan, S.Pd Kepala Madrasah Mts Swasta Al Furqan membahas tentang penggunaan bahasa yang baik dan benar di dunia digital. Kita harus melihat siapa lawan bicara kita, dalam situasi apa, dimana pada era digital banyak sisipan bahasa asing dan bahasa gaul yang dalam berkomunikasi yang menyebabkan adanya pergeseran nilai budaya, salah tafsir serta maksud dan tujuan tidak tercapai. Agusnaidi Budaya,S.Psi Humas Universitas Muhammadiyah Aceh menambahkan penyebaran berita hoax juga adalah salah satu bentuk  yang kurang baik di media sosial. Dampak hoax begitu besar bagi masyarakat, dimana topik yang diangkat terbanyak adalah tentang politik, kesehatan dan SARA.

 

Febby Mardiana, Amd.Par Ketua Program Akomodasi Perhotelan SMK BPP Bandung membahas tentang keamanan digital bagi anak anak di dunia maya. Banyak kejahatan siber yang ditujukan ke anak anak seperti Cyberbulliying, Pornografi yang berdampak ke perkembangan fisik, psikologi, moral dan emosional anak. Orang tua harus paham dengan fitur keamanan, karena menurut survey bahwa para orang tua yang menggunakan fitur masih di bawah 40%. Fitur fitur tersebut antara lain SafeSearch, family link, parental control dan sebagainya. Agar menjadi sopan dan beradab di media sosial, Eva Sundari MA.,MDE Anggota TIRBN KemenpanRB mengajak untuk Cakap Digital dengan memahami tentang arti dari Mis Informasi yaitu konten yang menyesatkan, Dis Informasi merupakan konten tiruan atau yang dimanipulasi dan Mal Informasi yaitu berita sepenggal (tidak utuh). Selain itu juga kita harus evaluasi kognitif (paham perangkat digital, internet dan keamanan digital), evaluasi Afektif (perangkat digital resmi) dan evaluasi Konatif (aman dan melindungi perangkat). Icha Faisal seorang Broadcaster menjadi penutup webinar dengan memberikan anjuran agar kita jangan melupakan budaya Indonesia yang mempunyai tutur kata yang sopan, bijak serta mempunyai etika dalam berinteraksi di media sosial, karena hal ini akan mencerminkan diri kita. Hindari hal hal yang negatif agar Indonesia menjadikan Internet Sehat di ruang digital.

Pos terkait