LITERASI DIGITAL KOTA BANDA ACEH PROVINSI ACEH

Gambar Gravatar

LITERASI DIGITAL KOTA BANDA ACEH PROVINSI ACEH

Kamis, 14 Oktober 2021, Jam 13.30 WIB

Bacaan Lainnya

Banda Aceh, SIPNEWS.ID – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Aceh yaitu, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T dan Walikota Banda Aceh yaitu, H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang BIJAK SEBELUM MENGUNGGAH DI MEDIA SOSIAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Dalam literasi digital pengguna internet harus paham dengan bijak dalam bermedia sosial agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Menurut Dewi Anggraini, sebagai Tenaga Pengajar, menjelaskan beberapa media sosial yang kita gunakan karena kemudahan mendapatkan informasi, saking mudahnya kita jadi sering lupa diri dan malah menghabiskan waktu dengan scrolling media sosial.

Di samping itu, sekarang marak pula terjadinya penyalah gunaan media sosial seperti penyebaran hoax, penyebaran ujaran kebencian, dan hal-hal fatal lainnya yang bisa merugikan banyak pihak. Melalui beberapa cara bisa menggunakan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab seperti jangan asal unggah atau posting konten, protect your privacy, jaga etika bahasa yang digunakan, waspada informasi palsu, memfilter akun-akun yang didiikuti, dan menunjang proses kemampuan pengembangan diri.

Sebelum mengunggah di media sosial pastikan mencantumkan sumber konten postingan karya orang lain seperti quotes atau sejenisnya.

Selain itu, sebelum mengunggah media sosial  sebagai pengguna internet perlu tahu yang namanya dampak positif seperti sebagai media mencari informasi, memudahkan komunikasi, sarana untuk berbisnis, saranan pembelajaran, dan untuk hiburan. Semakin canggihnya teknologi digital masa kini membuat perubahan besar terhadap dunia, dan telah melahirkan berbagai macam teknologi baru yang semakin maju. Namun, perlu diingat ada sisi negatif dari perkembangan dunia digital, adalah penyalahgunaan perkembangan teknologi.

Banyak pengguna yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk melakukan hal yang jahat seperti pencurian, perampokan, penipuan dan untuk aksi pendukung teroris.(Red)

Pos terkait