LITERASI DIGITAL KOTA BIREUEN PROVINSI ACEH

Gambar Gravatar

LITERASI DIGITAL KOTA BIREUEN PROVINSI ACEH

Selasa, 21 September 2021, Jam 13.30 WIB

Bacaan Lainnya

Bireun, SIPNEWS.ID – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubenur Aceh yaitu, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang KETERAMPILAN DIGITAL DI ERA PANDEMI oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Kemampuan digital adalah kemampuan dalam mengetahui, memahami, menggunakan, dan memanfaatkan sistem berbasis digital dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan yang harus dimiliki, seperti Ms. Office, E-commerce, Media Sosial, Blog atau Website, Komunikasi, Writing Skill, Digital Marketing, dan Advertising. Kemampuan digital sarat dimiliki masing-masing pribadi, bukan saja untuk diri sendiri namun juga untuk mencegah bermacam kriminalisasi, perselisihan dunia maya harus kita hindari. Punya kecakapan digital artinya bisa menjadi pengajar. Pengajar yang terus belajar, meski daring harus tetap punya akal pintar, terus berkreasi – berempati – peduli sebagai pembelajar.

Kemampuan digital harus dimiliki setiap orang bertujuan menjaga keamanan data pribadi. Menurut Swandi, S.Pd., M.Pd sebagai Kasie Manajemen GTK dan Mutu Kesiswaan, di era digital saat ini, hampir seluruh data pribadi dapat diinput dan diakses secara online. Hal ini menjadikan data pribadi rentan akan pencurian data. Untuk menjaga keamanan digital bisa dengan cara menggunakan password, selalu cek data secara berkala, aktifkan two-factor authentication, dan gunakan VPN. Tips menjaga data agar tetap aman diantaranya tidak memberikan informasi pribadi kepada sembarang pihak, gunakan waktu lebih dan berfikir matang, waspada tautan atau lampiran yang mencurigakan, dan lindungi gawai dan komputer dengan perangkat lunak yang asli. Key Opinion Leader oleh Rani Yuliyanti sebagai Influencer menutup webinar ini dengan mengatakan bahwa keterampilan digital sangatlah penting, karena dengan menambah keterampilan digital. Kita bisa lebih belajar tentang hal-hal baru yang ada di dalam dunia digital dan mungkin sebelumnya belum pernah kita ketahui.

 

Pos terkait