LITERASI DIGITAL KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH

Gambar Gravatar

LITERASI DIGITAL KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH

Rabu, 22 September 2021, Jam 13.30 WIB

Bacaan Lainnya

Nagan Raya, SIPNEWS.ID – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Gubernur Provinsi Aceh,  Ir. H. Nova Iriansyah, M.T  sebagai Keynote Speaker dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar PRIVASI  DAN KEAMANAN DI DUNIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session di akhir webinar.

Data pribadi adalah sebuah harta yang tidak ternilai di dunia digital, banyak yang memanfaatkan data pribadi untuk melakukan kejahatan. Salah satu yang harus kita jaga adalah keamanan Tanda Tangan Digital seperti yang dipaparkan oleh Superwiratni, SE.,Par.,MM.Par Dosen Tetap AKPAR NHI. Disebut juga Tanda Tangan Elektronik (TTE) mempunyai kelebihan dibanding dengan tanda tangan manual yaitu jika ada perubahan data atau metadata maka TTE tidak lagi valid sehingga terjamin dari modifikasi dari pihak lain. Manfaat TTE antara lain time stamp yang akurat, diterima secara global, efisiensi waktu, megurangi cost dan ramah lingkungan (hemat kertas dan limbah), serta traceblilty (audit lebih mudah). Alfian Anas, S.E.,M.Com.,Ph.D melanjutkan pembahasan tentang Etika dan Bisnis di dunia digital. Bisnis digital adalah kegiatan usaha yang dijalankan oleh individu atau kelompok untuk menghasilkan barang atau jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan melalui digital platform. Etika pelayanan adalah tata krama atau aturan dalam memberikan kepuasan pada pelanggan, diantaranya bersikap ramah, membalas semua pertanyaan dan komplain, jujur dan tidak menyalahgunakan data pelanggan.

 

Rizky Effendi, S.Pd Ketua Departement Pelatihan Bidang dan Mutu Nagan Raya mengajak kita mempertimbangakan apakah mau belanja atau menabung. Kita boleh belanja sesuai dengan kebutuhan tapi tetap mengontrol kondisi keuangan Kita. Selalu sisihkan pendapatan kita untuk kebutuhan primer, sekunder dan kebutuhan lainnya termasuk belanja online. Jangan terpengaruh dengan promosi yang akan membuat kita membelia barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan, juga waspada dengan penipuan saat belanja online, data yang disalah gunakan dan sebagainya. Menabung akan mempunyai cadangan pendapatan apabila ada hal yang urgent. Oleg Sanchabaktiar Creative Director NOAH memberikan pembahasan tentang pengertian informasi digital yaitu perubahan informasi dari analog ke format digital, Identitas digital adalah sebagai pengguna platform digital misalnya yang nampak seperti nama akun, foto, hingga yang tidak nampak seperti password, OTP dan sebagainya. Sementara Jejak digital adalah data yang kita tinggalkan saat setelah beraktifitas di dunia maya dan jejak ini sangat rentan untuk digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab juga apabila kita tinggalkan jejak negatif maka reputasi diri kita akan buruk. Key Opinion Leader oleh Nelly Carey, Vocalis dan Influencer yang memberikan sharing session di akhir webinar. Nelly mengajak para netizen untuk selalu menjaga akun pribadi serta selalu update keamanan digital melalui Literasi Digital.

 

Pos terkait